Langsung ke konten utama

Kaca Ekspresi Hunian Modern [PART1]

Dalam pembahasan kali ini Fierra Railing mencoba mengeksplorasi tentang kaca sebagai penunjang hunian dan peradaban manusia. Banyak dijumpai penggunaan material kaca ini di segala lini kehidupan manusia mulai dari perabot rumah tangga hingga fungsi yang sangat vital bagi kelangsungan mahluk hidup dalam hal ini sebagai manusia. 

Untuk uraian yang lebih tentang kaca sebagai penunjang hunian manusia dan sudah di aplikasikan sesuai dengan desain arsitektur dan teknologi yang sudah berkembang secara pesat. Maka desain ataupun bentuk kaca bisa disesuaikan dengan ide perencanaan arsitektur. Di lihat dari fungsionalitas kaca terhadap arsitektur di dapatkan klasifikasi tentang material kaca yang telah beredar di khalayak umum dan sudah fabrikasi.



Antara lain didapat beberapa jenis atau klasifikasi finishing kaca :

1. Kaca Tempered / Tempered Glass
Kaca tempered (kaca diperkeras) merupakan kaca yang diperkeras dengan cara memanaskan float glass biasa hingga mencapai temperature sekitar 700 °C dan kemudian didinginkan mendadak dengan menyemprotkan udara secara merata pada kedua permukaan kaca, sehingga meningkatkan kekuatan, ketahanan benturan, peredam panas / dingin, dapat memenuhi kebutuhan keamanan untuk berbagai bangunan arsitektur, juga untuk furniture, kamar mandi, alat rumah (seperti kaca berbagai kerudung, kompor kaca), dll. Jika di pecah kaca akan menjadi kaca dengan fragmentasi yag kecil-kecil. Biasanya, kaca tempered mempunyai ketebalan 3-19 mm dan kaca heat strength (HS) mempunyai ketebalan 3-19 mm.

2. Kaca Bending (Lengkung) / Bending Glass
Kaca lengkung atau disebut Bending Glass dibentuk dengan menggunakan kaca lembaran yang dipanaskan dengan menggunakan kaca lembaran yang dipanaskan kembali hingga mencapai fase lunak, kemudian dicetak dengan cetakan tertentu sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Bending Glass yang bisa kami proses memiliki radius minimal 2.000 mm dengan ukuran minimal 600 mm x 1.000 mm dan ukuran maksimal 2.000 mm x 3.000 mm (tergantung tebal kaca), untuk ini konsultasikan dengan terlebih dahulu dengan kami.
Sifat dan karakteristik dari Tempered Glass juga berlaku pada Bending Glass sehingga perlakuaan terhadap Bending Glass juga sama karena produk kami adalah Bending Tempered Glass.

3. Kaca Laminasi / Laminated Glass
Kaca laminasi terbuat dari dua atau lebih panel kaca dengan lapisan PVB (Polyvinyl butiral) interlayer terikat di bawah panas dan tekanan. Kekuatan kaca laminasi terletak pada film yang diberi nama PVB (Polyvinyl butyral film) atau EVA (Ethelene Vinyl Acetate). Film ini sangat kuat dan tangguh.

4. Kaca Print / Printing Glass
Merupakan penambahan ceramic paint pada kaca tempred maupun bending, aplikasi dari kaca printing ini untuk memenuhi design pada area cubicle toilet dan cubicle shower.

(Sumber: Aneka Glass Abadi)

Dari ke-empat jenis finishing kaca ada beberapa contoh produksi kaca yang dihasilkan tentunya ber implikasi terhadap desain arsitektur dan interior design. Untuk contoh penerapan jenis fabrikasi kaca diatas, saya tampikan di halaman artikel lain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Railing Tangga Kawat Sling

Dalam beberapa waktu ini dunia arsitektur telah melewati fase dari perkembangan desain arsitektur hingga sampai saat ini selera dari masyarakat pada umumnya cenderung kepada fungsionalitas, efektifitas, estetika dengan pendekatan perilaku dan kebiasaan manusia sehari - hari.  Pergeseran konseptual desain sangat berimplikasi secara menyeluruh sampai kepada perihal yang cukup detail, sebagai contoh railing tangga dibawah ini dengan yang pendekatannya fungsional, efektifitas, serta estetika. Dapat dilihat dari spesifikasi pemilihan material railing Railing dengan kawat sling Spesifikasi Pegangan (handreil) besi hollo Tiang railing besi hollo Kawat sling Finish cat spray Railing tangga dengan kawat sling Railing tangga dengan kawat sling Railing tangga dengan kawat sling Railing tangga dengan kawat sling Railing void dengan kawat sling Kami sebagai pihak penjual sudah diniatkan untuk bekerja dengan jujur dan memberikan pelayanan yang

Produk Fierra Railing Seri Wood / Kayu

Produk Tiang / baluster Fierra Railing Modern Model desain tiang / baluster dengan bahan wood (kayu) Berbahan kayu pilihan yaitu kayu jati tiang / baluster seri ini  akan menghadirkan kesan hangat, elegan dan modern di ruangan anda. Sama hal nya dengan seri besi pada seri kayu ini kami bisa menyesuaikan warna finishing sesuai dengan selera anda guna menyelaraskan dengan konsep interior ruangan anda.  Railing tangga dan void yang menggunakan material kayu dengan handreil fiber profile Railing tangga dan void yang menggunakan material kayu  kombinasi stainless steel dengan handreil stainless steel ---- @fierrarailing ----

Pilihan desain tangga kayu

Pemilihan material pada sebuah bangunan perlu diperhatikan guna terciptanya desain yang telah terkonsep sebelumnya serta bisa mewadahi aktualisasi oleh penghuni. Karena bangunan dalam hal ini rumah tinggal dalam era sekarang bukan sekedar untuk berteduh dan tempat tinggal belaka, tetapi sebagai pencitraan dan cerminan kepribadian pemilik sekaligus penghuni rumah tinggal. Dalam kesempatan kali ini pembahasan desain tangga dengan menggunakan material kayu sama halnya dengan bangunan. Agar mendapatkan kesan hangat dalam ruangan pemilihan material kayu adalah salah satunya serta bisa memberikan kesan eksotis. Sifat dasar struktur kayu adalah mempunyai kuat terhadap daya tekan dan lemah terhadap daya tarik, berbeda dengan beton yang sebaliknya. Kemudian secara tampilan kayu mempunyai motif lingkaran tahun atau serat yang bisa ekspose untuk estetika pada produk yang dihasilkan. Banyak jenis kayu yang bisa digunakan untuk keperluan manusia kayu kualitas 1 kayu jati, tetapi harganya maha