Langsung ke konten utama

Mendesain tangga

Tidak bisa di pungkiri kebutuhan serta keberadaan tangga untuk pembangunan masa sekarang sangat di perlukan untuk peningkatan mutu dari desain bangunan itu sendiri. Tangga merupakan alat transportasi untuk ke lantai diatas nya ataupun sebaliknya yang dilakukan secara manual selain eskalator, conveyor maupun elevator ( lift ). Meskipun tangga itu hanya terdiri dari beberapa trap anak tangga untuk perbedaan peil lantai dengan maksud adanya dinamis desain terhadap pengguna bangunan. 

Untuk itu dalam kesempatan kali ini saya memberikan sedikit tips dalam mendesain tangga supaya pengguna merasa nyaman saat menaiki anak tangga. Pertama diliat dari desain atau rancangan awal apakah bangunan tersebut membutuhkan tangga. Kedua penentuan space atau lahan perletakan tangga, disarankan tangga itu bisa berfungsi secara maksimal, tergantung dengan jenis bangunan itu sendiri kalau untuk rumah tinggal secara umum tangga di letakan di area ruang keluarga tidak telihat secara publik. Berbeda dengan bangunan Hotel, Perkantoran atau tempat perbelanjaan seperti mall letak tangga di ekspose dan di desain secara khusus. 

Berikut saya tampilkan gambar di bawah ini desain tangga sederhana yang mengedepankan kenyamanan pengguna.

Gambar denah tangga

Dapat dilihat dari gambar denah tangga diatas penentuan space atau lahan harus disediakan digambar tertera panjang 4m dan lebar 2.25m untuk bordes serta jumlah anak tangga yang di tentukan oleh tinggi antar lantai. Disini saya mengambil contoh dengan ketinggian lantai 3.80m dan di dapatkan jumlah anak tangga 22 trap anak tangga.

Gambar potongan tangga

Dari gambar potongan tangga di atas kita bisa mendapatkan jumlah anak tangga serta ketinggian masing - masing anak tangga sebagai berikut.

Keterangan :  h     = Tinggi lantai
                       l     = space atau lahan untuk tangga
                       a    = lebar trap anak tangga ( 30cm secara umum )
Semua angka dalam satuan milimeter.

Rumus Jumlah anak tangga : Space - lahan ( l )
                                                Lebar trap anak tangga ( a )
                                             : 4000 - 1000 (bordes)
                                                300
                                             ; 10 trap anak tangga di kalikan 2 karena naik lagi setelah bordes, jika                                                      space lahan beebeda dengan 4m digunakan rumus yang sama.

Rumus Tinggi trap anak tangga : Tinggi lantai ( h ) 
                                                      jumlah trap tangga + bordes
                                                   : 3800     
                                                      22
                                                  : 17cm ( masih dalam batas kenyamanan pengguna).

Demikian sedikit tips dalam mendasain tangga sederhana. Pada intinya dalam mendesain tangga selain aspek estetika kenyamanan dan keamanan pengguna tangga juga perlu di perhatikan. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.

--- @fierrarailing ----

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Produk Fierra Railing Seri Wood / Kayu

Produk Tiang / baluster Fierra Railing Modern Model desain tiang / baluster dengan bahan wood (kayu) Berbahan kayu pilihan yaitu kayu jati tiang / baluster seri ini  akan menghadirkan kesan hangat, elegan dan modern di ruangan anda. Sama hal nya dengan seri besi pada seri kayu ini kami bisa menyesuaikan warna finishing sesuai dengan selera anda guna menyelaraskan dengan konsep interior ruangan anda.  Railing tangga dan void yang menggunakan material kayu dengan handreil fiber profile Railing tangga dan void yang menggunakan material kayu  kombinasi stainless steel dengan handreil stainless steel ---- @fierrarailing ----

Railing Tangga Kawat Sling

Dalam beberapa waktu ini dunia arsitektur telah melewati fase dari perkembangan desain arsitektur hingga sampai saat ini selera dari masyarakat pada umumnya cenderung kepada fungsionalitas, efektifitas, estetika dengan pendekatan perilaku dan kebiasaan manusia sehari - hari.  Pergeseran konseptual desain sangat berimplikasi secara menyeluruh sampai kepada perihal yang cukup detail, sebagai contoh railing tangga dibawah ini dengan yang pendekatannya fungsional, efektifitas, serta estetika. Dapat dilihat dari spesifikasi pemilihan material railing Railing dengan kawat sling Spesifikasi Pegangan (handreil) besi hollo Tiang railing besi hollo Kawat sling Finish cat spray Railing tangga dengan kawat sling Railing tangga dengan kawat sling Railing tangga dengan kawat sling Railing tangga dengan kawat sling Railing void dengan kawat sling Kami sebagai pihak penjual sudah diniatkan untuk bekerja dengan jujur dan memberikan pelayanan yang

Pilihan desain tangga kayu

Pemilihan material pada sebuah bangunan perlu diperhatikan guna terciptanya desain yang telah terkonsep sebelumnya serta bisa mewadahi aktualisasi oleh penghuni. Karena bangunan dalam hal ini rumah tinggal dalam era sekarang bukan sekedar untuk berteduh dan tempat tinggal belaka, tetapi sebagai pencitraan dan cerminan kepribadian pemilik sekaligus penghuni rumah tinggal. Dalam kesempatan kali ini pembahasan desain tangga dengan menggunakan material kayu sama halnya dengan bangunan. Agar mendapatkan kesan hangat dalam ruangan pemilihan material kayu adalah salah satunya serta bisa memberikan kesan eksotis. Sifat dasar struktur kayu adalah mempunyai kuat terhadap daya tekan dan lemah terhadap daya tarik, berbeda dengan beton yang sebaliknya. Kemudian secara tampilan kayu mempunyai motif lingkaran tahun atau serat yang bisa ekspose untuk estetika pada produk yang dihasilkan. Banyak jenis kayu yang bisa digunakan untuk keperluan manusia kayu kualitas 1 kayu jati, tetapi harganya maha